Pendidikan Bahasa Jawa

DSC04175

PENDIDIKAN BAHASA JAWA

Bahasa Jawa adalah national heritage yang sarat akan nilai-nilai luhur berbasis budaya lokal. Keberadaannya diupayakan untuk senantiasa lestari dan berdaya guna. Bahasa Jawa ditetapkan sebagai Muatan Lokal wajib untuk jenjang SD, SMP dan SMA di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I Yogyakarta. Guna menjawab kebutuhan dunia pendidikan, Prodi Pendidikan Bahasa Jawa STKIP PGRI Ponorogo hadir sebagai pelopor pencetak guru Bahasa Jawa profesional di kampus swasta Jawa Timur. Sebagai satu-satunya Prodi Pendidikan Bahasa Jawa di kampus swasta Jawa Timur, Prodi Pendidikan Bahasa Jawa STKIP PGRI Ponorogo berkomitmen untuk menyiapkan lulusan unggul yang kompeten di bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa dengan berlandaskan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, kemandirian dan budaya literasi berbasis nilai-nilai lokal. Prodi Pendidikan Bahasa Jawa STKIP PGRI Ponorogo juga berkomitmen untuk menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Bahasa Jawa sebagai upaya pengembangan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa serta upaya menebar kebermanfaatan kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Pencapaian Program Pendidikan

Dari kelas 2018

yang sudah bekerja di instansi

Dari kelas 2018

yang telah lulus dari universitas

Mahasiswa 2019

mahasiswa yang masih aktif di universitas

KENAPA HARUS PRODI PENDIDIKAN BAHASA JAWA STKIP PGRI PONOROGO?


1. Prodi Pendidikan Bahasa Jawa STKIP Ponorogo adalah satu-satunya Prodi Pendidikan Bahasa Jawa di kampus swasta Jawa Timur sehingga dapat menjadi alternatif yang tepat bagi para warga Ponorogo dan sekitarnya yang ingin menempuh kuliah dengan jarak dan biaya yang terjangkau.

2. Prodi Pendidikan Bahasa Jawa STKIP Ponorogo adalah pelopor Prodi Pendidikan Bahasa Jawa yang menerapkan budaya literasi berbasis nilai-nilai lokal sehingga lulusannya memiliki wawasan global dan kearifan lokal.

3. Suasana perkuliahan kondusif dengan dosen yang berkompeten dan sarana-prasarana yang memadai.

5. Mahasiswa dibekali dengan kompetensi kewirausahaan sehingga memiliki kecakapan hidup.

6. Mahasiswa dibimbing dan dilatih untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Jawa secara profesional dan berkelanjutan.

PROSPEK KERJA ALUMNI PRODI
PENDIDIKAN BAHASA JAWA

                Setelah menyelesaikan pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa Jawa STKIP PGRI Ponorogo, alumni dapat berkarier menjadi guru Bahasa Jawa di lembaga pendidikan formal ataupun menjadi dosen di Perguruan Tinggi apabila alumni melanjutkan pendidikan Pascasarjana untuk meraih gelar Magister maupun Doktor. Selain itu, alumni juga dapat berkarier sesuai dengan passion-nya ketika mengikuti perkuliahan maupun mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa terkait pengembangan profesi, yaitu berkarier di bidang seni tari, seni suara, pranatacara, dan karawitan. Alumni juga dapat berkarier sebagai penyiar radio berbahasa Jawa, pembaca berita berbahasa Jawa, penulis Jawa, serta wartawan media massa. Disamping itu, alumni juga dapat memanfaatkan bekal kompetensi wirausaha yang telah diberikan semasa kuliah dengan menjadi wirausahawan yang kreatif.

Informasi Seputar PBJ

Info Sastra Jawa

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam est ante, maximus…