PG PAUD

DSC04175

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik dan pembimbing anak-anak usia dini atau pra sekolah. Untuk menjadi guru PAUD, mahasiswa harus memahami dan menguasai profil perkembangan fisik dan psikologis anak usia dini, dan tentu saja harus menjadi pendidik profesional yang berwawasan luas.

Pencapaian Program Pendidikan

Dari kelas 2018

yang sudah bekerja di instansi

Dari kelas 2018

yang telah lulus dari universitas

Mahasiswa 2019

mahasiswa yang masih aktif di universitas

Visi

Menjadikan tenaga pendidik anak usia dini yang unggul, profesional dan kompetitif di tingkat regional dan nasional pada tahun 2021.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan untuk tenaga pendidik anak usia dini yang memiliki keunggulan dalam pengetahuan dan keterampilan tentang perkembangan, penguasaan teknik pembelajaran inovatif, dan hal-hal yang diperlukan dalam mendidik anak usia dini, serta mempunyai sikap yang berbasis nilai-nilai luhur untuk membentuk karakter kuat dan cerdas.

2. Melakukan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran di bidang pendidikan anak usia dini

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini

4. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang menunjang pengembangan bidang kependidikan anak usia dini.

Keunggulan Program Studi

1. Prodi PG-PAUD memiliki jaringan kerjasama dengan berbagai sekolah dan lembaga pendidikan dan pelatihan sehingga para  mahasiswa dapat memperoleh pengalaman pengelolaan PAUD dan tempat ideal bagi Praktik Lapangan calon guru dan konsultan/ahli pendidikan Anak Usia Dini,

2. Suasana Akademik yang kondusif memungkinkan mahasiswa berprestasi secara optimal dan memperoleh pengalaman dalam melakukan penelitian, mengikuti seminar, menjadi tutor bagi mahasiswa lain dan terlibat aktif dalam kegiatan kemahasiswaan dan berkesempatan untuk mengikuti berbagai kompetisi / lomba di tingkat regional maupun nasional.

3. Metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning), Prodi PG-PAUD menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi diantaranya diskusi, role-play, alat permainan edukatif, serta parade dongeng sebagai bentuk ujian akhir semester.

4. Fasilitas belajar yang mendukung kualitas dan prestasi mahasiswa diantaranya: Bengkel PAUD, Language Laboratory, dan Lab. Microteaching

PROSPEK KERJA

Lulusan Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dapat berkarir sebagai

1. Guru/ Pendidik Anak Usia Dini di RA/BA/TA, TK dan KB di lembaga pemerintah maupun swasta.
2. Guru anak berkebutuhan khusus
3. Konselor anak
4. Konsultan PAUD di RA/BA/TA. TK dan KB di lembaga pemerintah maupun swasta.
5. Konsultan/pengasuh PAUD di media cetak dan elektronik
6. Entrepreneur dalam penyelenggaraan lembaga PAUD.

Informasi Seputar PG PAUD

Info PG PAUD

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam est ante, maximus…