Sambutan Ketua

Sambutan

Sambutan Singkat Ketua STKIP PGRI Ponorogo

Sejarah

Sejarah Singkat Tentang STKIP PGRI Ponorogo

Visi & Misi

Visi dan Misi tentang STKIP PGRI Ponorogo

Perkembangan revolusi industri 4.0 mengajak kita untuk berkreasi lebih luas. Dalam hal ini, STKIP PGRI Ponorogo yang setiap tahunnya dengan rutin menyelenggarakan program-program literasi terpadu, berkomitmen untuk menjangkau bekermanfaatan yang lebih luas melalui sistem digital. Melalui halaman ini, kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia di mana pun anda berada untuk turut aktif pada setiap program yang kami selenggarakan. Selain sebagai informasi dan kanal berita, halaman ini merupakan rumah literasi dan pendidikan. Oleh sebab itu, selamat datang di rumah kami, rumah literasi, rumah Kampus Literasi Indonesia.
 
Salam hormat,

Dr. H. Sutejo, M.Hum

Sambutan Ketua STKIP PGRI Ponorogo

Selamat datang di STKIP PGRI Ponorogo, Kampus Literasi Indonesia.  
Urgensi penguatan budaya literasi semakin mendesak seiring diterbitkannya hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) yang menyebut bahwa budaya literasi masyarakat Indonesia pada 2012 terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia. Indonesia menempati urutan ke 64 dari 65 negara tersebut. Sementara Vietnam—negara tetangga kita, justru menempati urutan ke-20 besar. Tidak berbeda jauh, menurut data statistik UNESCO 2012 yang menyebutkan bahwa indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Padahal kita tahu bersama, negeri kita adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam dan manusia.
 
Kami percaya bahwa sumber daya manusia adalah sebuah aset yang tak ternilai harganya. Kemudian pendidikan adalah sebuah jembatan akselerasi bangsa kita menuju Indonesia yang sejahtera. Manusia-manusia yang beretika baik, pekerja keras, dan cerdas merupakan tulang punggung bangsa kita untuk mencapai era kejayaan.
 
Menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan ilmu pengetahuan teknologi dalam bidang Bahasa dan yang beretika serta berkarakter merupakan visi utama kampus kami. Kemudian Guru adalah yang kami anggap memiliki peran vital dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, STKIP PGRI Ponorogo yang berfokus pada program Kampus Literasi Indonesia berkomitmen untuk mencetak generasi-generasi guru yang andal. Andal dalam hal ini adalah guru yang sebagaimana seorang pendidik yang professional, berkarakter, cerdas, dan kreatif.

Apa Kata Alumni

alumni-siswanto
"Dari STKIP PGRI Ponorogo merupakan tempat saya mencari ilmu dan menemukan keluarga baru. Diajarkan untuk membuka mata memaknai setiap proses kehidupan akan menjadikan perjuangan sebagai guru yang tidak terlupakan."
Pinggi Siswanto, S.Pd Pendidik - MTs Al-Madani Ponorogo
alumni-wuri
"Saya bangga pernah belajar di STKIP PGRI Ponorogo. Tempat sebenarnya mengumpulkan bekal kehidupan. Kampus literasi ini ibarat jembatan yang mengantarkan cita dan cinta."
Wuri Rahayu, S.Pd Lolos CPNS 2018 - Kemenag Kalimantan
alumni-vara
"Dari STKIP PGRI Ponorogo saya belajar lebih banyak tentang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta banyak hal baru yang saya dapatkan selama kuliah. Dari Kampus yang luar biasa ini saya dapat mewujudkan cita-cita saya dari sejak kecil. STKIP PGRI Ponorogo jendela bagi masa depan saya."
Vara Dwi Nova Laurenchia, S.Pd Lolos CPNS 2018 - Pendidik SMP Kare Madiun
alumni-eko
"Dimanapun saya berada, rasanya sulit sekali untuk tidak bercerita soal pengalaman berguru di STKIP PGRI Ponorogo. Saya bangga bisa belajar di kampus literasi yang telah melahirkan kaum intelektual, beragama dan berbudaya."
Eko Hendri Saiful, S.Pd Alumni PBSI 2013