Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

DSC04175

PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

Setelah menyelesaikan pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Ponorogo, alumni dapat berkarier menjadi guru Bahasa Indonesia di lembaga pendidikan formal ataupun menjadi dosen di Perguruan Tinggi apabila alumni melanjutkan pendidikan Pascasarjana untuk meraih gelar Magister maupun Doktor. Selain itu, alumni juga dapat berkarier menjadi wartawan atau jurnalis, penulis atau sastawan. Hal ini, dilandasi pforesi tersebut membutuhkan keterampilan menulis. Pendidikan Bahasa dan Sastra sangat linier mengingat dalam pengajaran mahasiswa dituntut memiliki keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan menulis. Alumni juga dapat berkarier sebagai orator, keperawaan, editor maupun penyelaras bahasa Indonesia. Disamping itu, alumni juga dapat memanfaatkan bekal kompetensi wirausaha yang telah diberikan semasa kuliah dengan menjadi wirausahawan yang inovatif.

Pencapaian Program Pendidikan

Dari kelas 2018

yang sudah bekerja di instansi

Dari kelas 2018

yang telah lulus dari universitas

Mahasiswa 2019

mahasiswa yang masih aktif di universitas

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadikan Program Studi yang unggul, professional, dan kompetitif baik di tingkat regional dan nsional.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan teori dan praktik di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menyelenggarakan pengajaran yang professional di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

3. Menyelanggarakan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara profesional dengan mengembangkan aspek-aspek keterampilan berbahasa Indonesia.

4. Menyelanggarakan pengabdian masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kecakapan sosial.

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan teori dan praktik di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

3. Menghasilkan karya ilmiah di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara profesional untuk pengembangan aspek-aspek keterampilan berbahasa Indonesia.

4. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai implementasi kecakapan sosial.

PROSPEK KERJA ALUMNI PRODI
PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

        Setelah menyelesaikan pendidikan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Ponorogo, alumni dapat berkarier menjadi guru Bahasa Indonesia di lembaga pendidikan formal ataupun menjadi dosen di Perguruan Tinggi apabila alumni melanjutkan pendidikan Pascasarjana untuk meraih gelar Magister maupun Doktor. Selain itu, alumni juga dapat berkarier menjadi wartawan atau jurnalis, penulis atau sastawan. Hal ini, dilandasi pforesi tersebut membutuhkan keterampilan menulis. Pendidikan Bahasa dan Sastra sangat linier mengingat dalam pengajaran mahasiswa dituntut memiliki keterampilan berbahasa, salah satunya keterampilan menulis. Alumni juga dapat berkarier sebagai orator, kepewaraan, editor maupun penyelaras bahasa Indonesia. Disamping itu, alumni juga dapat memanfaatkan bekal kompetensi wirausaha yang telah diberikan semasa kuliah dengan menjadi wirausahawan yang inovatif.

Informasi Seputar PBSI

Info Seputar Sastra Indonesia

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aliquam est ante, maximus…

Ririen Wardiani, Dosen STKIP PGRI Ponorogo, Raih Doktor Sastra

Guru dan siswa membutuhkan model yang mendasarkan diri pada cara atau proses…

Doktor Sastra dari UNS Diraih Dosen STKIP PGRI Ponorogo

Disertasi saya berjudul “Model Pembelajaran Menulis Narasi Berbasis Penyeimbangan Fungsi Belahan Otak…